Thursday, May 13, 2010

Siapa yang Mendapatkan Manfaat FOSS?

Siapa yang Mendapatkan Manfaat FOSS?

Saya menggunakan aplikasi yang tersedia di http://netcraft.com untuk menjawab pertanyaan iseng di atas. Hasilnya, hampir semua pengguna komputer di Indonesia yang mengakses internet dipastikan mendapat manfaat dari FOSS (Free Software atau Open Source Software), karena mengakses salah satu atau beberapa alamat web ini: google.com, detik.com, mail.yahoo.com, mail.google.com, groups.yahoo.com, groups.google.com, wordpress.com, blogger.com, blogspot.com, youtube.com, wikipedia.org, plurk.com, flicker.com, dll. Semua web itu menggunakan sistem operasi FOSS (sebagian besar Linux dan sebagian kecil FreeBSD). Sayangnya, netcraft.com tidak berhasil mengetahui semua sistem operasi yang digunakan facebook.com, meski sebagian server facebook.com terlihat menggunakan Linux.

Contoh pemanfaatan FOSS melalui internet di atas baru menyebutkan sebagian dari alamat server-server web terkenal, masih banyak web terkenal lainnya yang juga berbasis FOSS. Data itu juga belum mencakup server-server tersembunyi seperti email, DNS, proxy, database, dan program aplikasi server seperti office, cms, e-learning, serta belum memasukkan bahasa pemrograman seperti PHP, Java, Perl, Python, dan lain-lain yang banyak bertebaran di website-website internet. Sayangnya lagi, saya belum punya data berapa pengguna sistem operasi dan aplikasi berbasis FOSS untuk komputer desktop, laptop, netbook, dan telepon genggam di Indonesia. Saya perkirakan ada lebih dari satu juta pengguna komputer memiliki Linux dan aplikasi berbasis FOSS di komputernya. Itu termasuk Anda, bukan? :-)

1 comment:

olanuxer a.k.a sang ilalang a.k.a obeng said...

pertamax!!!!
yup banyak sekali yang memanfaatkan FOSS, tetapi karena berada dibelakang layar, sehingga orang2 pada nggak tau bahwa mereka sebanarnya tanpa sadar menggunakannya.