Saturday, October 20, 2007

Pengguna Linux juga suka pesta

Setelah ummat Islam merdeka karena ampunan Gusti Allah SWT pada hari raya Idul Fitri, saatnya pengguna software merdeka memeriahkan pesta rilis Gutsy (bukan Gusti) Ubuntu 7.10. Saat berita ini ditulis, sudah ada 9 kota di Indonesia yang akan dimeriahkan oleh kehadiran GRP. Apa itu GRP? Jelas bukan GSP (Guruh Soekarno Putra).

GRP singkatan dari Gutsy Release Party, acara yang diadakan untuk memeriahkan kemunculan versi terbaru dari distro Linux Ubuntu 7.10 dengan nama kode rilis Gutsy Gibbon (GG). GG tidak ada hubungan dengan Gudang Garam. Release Party ini diadakan oleh komunitas Ubuntu di berbagai belahan dunia dengan cara dan budayanya masing-masing.

Komunitas Ubuntu Indonesia tidak ingin ketinggalan dengan mengadakan acara GRP di Indonesia bekerja sama dengan beberapa rekan komunitas Linux lainnya di berbagai daerah. 9 kota yang telah siap menjadi tempat GRP adalah Jakarta, Bandung, Sukabumi, Cirebon, Semarang, Jogjakarta, Bali, Sinjai, dan Bogor.

Anda ingin ikut berpesta? Jika kota Anda belum terdaftar, silakan buat acara serupa atau lihat perkembangan/perubahan terbaru di http://wiki.ubuntu-id.org/ReleaseParty.

4 comments:

rudy heryanto said...

sayang pestanya hanya di kota-kota besar, di kota kecil gak ada pesta2. kalo di kota2 kecil mungkin namanya tasyakuran/kenduri kalee ya?:)

Rusmanto said...

Ya, silakan buat kenduri rilis gutsy. :-)
Umumkan dengan pengeras suara yang dibawa keliling dengan motor atau gerobak, atau umumkan di radio setempat.

Pada acara kenduri itu, mas Rudy atau salah satu yang sudah mencoba Ubuntu menunjukkan ke hadirin cara menggunakan Ubuntu 7.10. Asyik, kan?

Saprol - AWALI said...

Pak Rus... bikin tutorial utk bikin buku serta cara2 kontak dgn penerbit buat pemula dong...

buat stimulan bagi kita2 yg awam didunia tulis menulis.

Rusmanto Maryanto said...

Bagaimana kalau kita buat milis tentang penulisan buku Linux/FOSS?

Kalau milis buku sekolah, sudah ada di tmpios@googlegroups.com.