Thursday, December 22, 2005

Rilis Distro-distro Popular

Beberapa bulan terakhir 2005 ini, pengguna Linux dimanjakan dengan dirilisnya versi terbaru empat distro besar dan terpopular menurut www.distrowatch.com. Fedora telah lebih dulu merilis versi 4 pada pertengahan Juni lalu. Dalam bulan Oktober, tiga distro dirilis hampir bersamaan, yaitu Debian Ubuntu 5.10, Mandriva Linux 2006, dan SUSE Linux 10.0. Hebatnya, semua pembuat distro itu menyediakan file ISO CD atau DVD yang bebas didownload. Perkembangan keempat distro popular ini cukup menggembirakan dan mengejutkan masyarakat open source.

Debian GNU/Linux yang sebelumnya hanya terkenal di kalangan pengguna Linux mahir, sekarang menjadi sangat popular di kalangan pengguna Linux umum karena munculnya distro Ubuntu tahun lalu. Ubuntu (www.ubuntu.com) menjadikan Debian lebih mudah diinstal dan digunakan untuk aplikasi sehari-hari, cukup dengan sebuah CD. Ubuntu yang awalnya hanya sebuah distro untuk desktop berbasis GNOME, kini telah memiliki variasi untuk pengguna yang lebih senang desktop KDE, bernama Kubuntu. Ubuntu juga menyediakan distro khusus untuk pendidikan, Edubuntu. Ubuntu 5.10 ini juga tersedia dalam versi (dapat digunakan sebagai) server.

Mandrake Linux yang sekarang bernama Mandriva (www.mandriva.com) telah lama dikenal akan kemudahannya. Mandriva 2006 menjadi distro yang istimewa karena merupakan gabungan dari tiga distro yang terkenal user friendly, yakni Mandrake, Conectiva, dan Lycoris. Sebelum bergabung dengan Mandriva, Lycoris adalah distro yang dikenal memiliki desktop indah seperti sistem operasi MS Windows.

SUSE (www.suse.com) membuat kejutan di tahun ini dengan membuka projek OpenSUSE (www.opensuse.org). Langkah Novell, pengembang SUSE, mirip dengan apa yang telah dilakukan Red Hat tahun lalu ketika merilis distro Fedora Core (fedora.redhat.com). SUSE telah bertahun-tahun popular di Eropa, khususnya Jerman, namun saat itu kurang dikenal di dunia, termasuk Indonesia. Ini bukan karena SUSE tidak bagus, tetapi karena SUSE tidak menyediakan file ISO CD/DVD yang bebas didownload. Perubahan besar terjadi setelah SUSE menjadi bagian dari Novell. Novell menyediakan ISO CD SUSE Linux mulai dari sebuah CD versi 9.1 Personal. Pertengahan tahun ini SUSE menyediakan 5 CD versi 9.3 Professional, dan terakhir baru saja merilis 5 CD SUSE Linux 10.0.

Distro apa yang terbaik? Jawabannya tergantung selera dan kebutuhan Anda. Bisa jadi bukan salah satu dari empat distro popular ini.

5 comments:

Annisa M. Zakir said...

Pak rus, di update dong blognya :)

Sams said...

wah, pak Rus pake blogspot juga rupanya.

Dion said...

Distro favorit? Mandriva Linux dong!

gunawanp said...

Pak Rus denger2 lpknf mau berubah jd Pendidikan Tinggi yaah..?

ikram said...

sepakat sama dion. tp mdv saya blom bisa dipakai wifi euy.. sama openoffice-nya lelet pisan.