Monday, February 17, 2014

Ulasan Singkat Buku The Power of OwnCloud

Saya menerima kiriman buku “The Power of OwnCloud”, yang mengupas salah satu produk Open Source untuk teknologi cloud computing atau komputasi awan yang sedang menjadi tren namun belum banyak ditulis dalam bahasa Indonesia. OwnCloud merupakan produk perangkat lunak – semacam Dropbox – untuk penyimpanan data di internet. Untuk itu kami mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Pak Dedy Setyo Afrianto, guru NF Boarding School - Serang Banten, yang telah menyusun buku ini dan mendedikasikan karyanya untuk pendidikan dan pengembangan teknologi informasi di Indonesia.
Salah satu keistimewaan OwnCloud yang dikupas dalam buku  ini adalah tersedia OwnCloud versi komunitas yang berlisensi free software atau open source, sehingga bebas digunakan, bebas dipelajari cara kerjanya, dan bebas dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan penggunanya. OwnCloud dapat dipasang pada sistem operasi open source Linux dan sistem operasi lainnya. Linux saat ini sangat terkenal dan digunakan oleh banyak komputer di dunia, mulai dari server hingga smartphone seperti Android, dan lain-lain.  
SDM yang menguasai teknologi cloud masih langka namun dicari banyak perusahaan, antara lain karena kebutuhan tempat penyimpanan di internet pada era komputer bergerak saat ini sangat tinggi. Tidak hanya para pengguna komputer tablet dan smartphone, tapi juga pengguna komputer meja dan laptop ingin mendapatkan kemudahan dalam menyimpan datanya di internet. Data harus dapat diunggah (upload) ke internet, diunduh (download) dari internet, dan disinkronisasikan dengan data di komputer tablet atau smartphone, kapan saja dan dari/di mana saja. Untuk itulah teknologi penyimpanan berbasis komputasi awan menjadi sangat penting dipelajari dan dimanfaatkan, khususnya oleh para administrator jaringan atau pengelola infrastruktur teknologi informasi. 

1 comment:

hilfans said...

owncloud sangat berguna bagi penyimpanan data perusahaan kami, bekerja tidak terikat ruang dan waktu, sehingga lebih efisien, tapi memang masih ada kekhawatiran apabila sampai ada yang hack