Tuesday, July 31, 2012

Menunggu Kelahiran Linux BlankOn 8

Tidak semua kegiatan menunggu itu membosankan. Salah satu yang bisa menyenangkan adalah menunggu rilis produk software kesukaan, misal BlankOn 8 Rote, karena ada versi-versi pendahulu sebelum keluar versi final. Mirip menunggu pertandingan final Piala Dunia atau Piala Eropa, ada pertandingan-pertandingan awal yang juga menyenangkan ditonton.

Bedanya, menunggu rilis software seperti BlankOn 8 Rote ini memberi kesempatan semua orang ikut menjadi "pemain", bahkan bisa ikut menjadi "penentu" hasil akhir. Menjadi pemain dalam pengembangan distro Linux dapat dilakukan mulai dari sebelum ada rilis awal, misalnya mengusulkan program yang disertakan. Menjadi pemain juga bisa dilakukan setelah ada rilis alfa, beta, atau racikan, misalnya menjadi penguji-coba atau tester dan melaporkan hasil tesnya.

Jika Anda berminat menjadi "pemain" BlankOn, Anda bisa mulai dengan mencoba edisi harian, misalnya versi harian 30 Juli 2012 Blankon 8 Standar atau BlankOn 8 Sajadah (edisi muslim). Kalau Anda merasa terlambat untuk mengusulkan program dalam BlankOn 8, Anda dapat mengusulkan untuk BlankOn 9 melalui milis BlankOn-Dev.

4 comments:

Aditya Darmawan said...

Tunggu sebentar pak. Lho lho lho... Blankon 8 Standard dan Blankon 8 Sajadah? Memangnya Blankon 8 Rote sudah dirilis.

Secara saya lihat di website resminya, press release nya masih Blankon 7 Pattimura.

Tolong dijawab. Thankz.

Rusmanto said...

@Aditya Darmawan, BlankOn 8 belum dirilis pada saat saya menulis blog dan comment ini. Saat ini saya masih menunggu sambil mencoba versi harian (beta) :-)

Egga Yudha Nugraha said...

Pak Rus, saya lihat di kambing UI ada BlankOn Rote yg DVD dan CD. Apa bedanya yah Pak?

Rusmanto said...

@Engga Yudha Nugraha, program yg disertakan versi dvd lebih lengkap, antara lain ada gimp "photoshop" dan inkscape "coreldraw".