Friday, March 25, 2011

Pejuang BlankOn yang Tak Kenal Lelah

Pejuang BlankOn yang Tak Kenal Lelah...

Di kampung saya, kata "berjuang" itu biasa digunakan untuk menyebut pekerjaan guru honorer. Disebut berjuang karena mau mengajar tanpa gaji. Kalaupun ada honor, nilainya hanya cukup untuk makan sehari-hari dirinya sendiri. Kalau guru honorer ingin memberi makan istri dan anaknya, maka harus cari uang dari pekerjaan lainnya. Mengapa para guru itu mau berjuang? Karena para guru itu punya semangat dan passion, bahwa menjadi guru atau berbagi ilmu itu akan membuatnya bahagia, meskipun pekerjaan itu tidak seketika memberinya uang. Bahagia tidak diukur dari uang, tapi dari kegiatannya memberi manfaat untuk banyak orang.

Kata "berjuang" juga sangat tepat saya gunakan untuk kegiatan para pengembang ilmu pengetahuan, dan pengembang program komputer seperti yang Anda gunakan untuk membaca tulisan saya ini. Pelakunya disebut pejuang. Contoh karya pejuang yang sederhana tapi sangat nyata manfaatnya adalah pengembangan Linux BlankOn. Para pejuang BlankOn sejak 2005 saling berbagi ilmu, pengalaman, dan keahlian dengan sesama pengembang dan pengguna software Open Source di Indonesia, bahkan sebagian juga bergabung dengan pengembang luar negeri dari berbagai belahan dunia.

Para pejuang BlankOn bekerja keras tanpa lelah, di sela-sela kesibukannya bekerja mencari rezeki. Saya melihat para pejuang BlankOn juga selalu bahagia dalam setiap kegiatannya, seperti ketika para pejuang itu menyelenggarakan Konferensi BlankOn di Bogor pada 2009 dan di Surabaya 2010. Mereka datang berkumpul dengan biaya sendiri, dan berbagi untuk menghasilkan karya yang dapat digunakan bersama pengembang dan orang lain, tanpa meminta honor atau bayaran lisensi sepersen pun. Kalau pun ada honor, nilainya tidak seberapa dibanding nilai perjuangannya.

Tapi, Tuhan yang Maha Adil benar-benar membuktikan keadilan-Nya. Para pejuang di dunia iptek, termasuk pengembang BlankOn, tidak ada yang mengeluh karena telah bergabung sebagai pejuang. Tidak ada yang menderita karena tugasnya sebagai pengembang. Semua bahagia sesuai dengan ukurannya masing-masing. Saya percaya, Tuhan akan memberikan rezeki kepada para pejuang yang bekerja untuk sesama dan mengharap ridha-Nya dari arah yang tidak selalu kita ketahui.

Anda ingin bergabung dengan para pejuang? Segera unduh BlankOn 7 Pattimura versi jahitan atau beta 2 dari sini.

8 comments:

fye said...

Subhanallah... :) pejuang sejati neh.. :)

Aji Kisworo Mukti said...

Amin... :)

Gadgetboi said...

Sudah beta 2 saja ... saya masih setia menggunakan blankon 6 di laptop saya. Saya tunggu dengan setia versi akhirnya karena saya bukanlah pemilik benwit berlimpah.

aagimp said...

salam hangat untuk pengembang blankon...sy pcinta opensource jg..pngen mengembangkan tutorial GIMP,tp tdk hnya online,jg offline dlm bntuk buku,mgkn pak rus ada masukan?balas di email saYa ya pak.. suprisdiantoko1@gmail.com

Kokabiel said...

mangtebs pak Rus....

Anonymous said...

mantep pak

agus purnomo said...

amin

Anonymous said...

Ya, mungkin karena itu