Monday, March 01, 2010

Linux, Android, BlankOn, dan Windows di Indonesia

Linux, Android, BlankOn, dan Windows di Indonesia

Linux adalah nama sistem operasi komputer yang merdeka (free) dan terbuka (open source) untuk digunakan dan dikembangkan siapa saja, termasuk oleh bangsa Indonesia. 

Android adalah sebutan untuk robot yang terkenal dalam film Star Wars (1977), lalu menjadi judul film fiksi ilmiah "Android" (1982). Sekarang Android mulai popular di Indonesia sebagai sistem operasi berbasis Linux untuk telepon genggam cerdas (smartphone). 

BlankOn berasal dari kata "belangkon", yakni tutup kepala beberapa suku di Indonesia seperti Jawa dan Sunda. Sekarang BlankOn dikenal sebagai sistem operasi Linux yang ditujukan untuk pengguna komputer di Indonesia, agar pikirannya yang dulu terkunci mati (blank) oleh program berpemilik (proprietary) menjadi terbuka (on) terhadap program merdeka (free/open source). 

Windows adalah nama sistem operasi yang sangat terkenal di Indonesia, tapi tidak merdeka karena harus membayar izin untuk menggunakannya, dan tidak terbuka karena tidak bisa dipelajari cara kerjanya, apalagi dikembangkan. Tidak ada larangan menggunakannya, namun juga tidak ada paksaan untuk membelinya.

Siapapun sebagai pengguna komputer dan telepon genggam berhak memilih mana yang terbaik untuk dipakainya. Kalau sebuah organisasi, perusahaan, atau pemerintah Indonesia memilih program yang merdeka (free) dan terbuka (open source), maka tidak ada yang berhak menghalanginya. Free dan open source bukan nama program, bukan nama produk, bukan nama vendor. 


5 comments:

pohonrindang said...

Salam knL Pak Rus.
Saya PeNgguna Linux yang msaih Awam.
punya ketertarikan untuk menggunakan dan mempelajari lknux lebih dalam.

saya mau tanya.
distro linux apa yah yang kira2 bisa di pake di spek komputer rendah. soal nya di rumah ada komputer jadul.

spek
intel
133mhz

ram
16 mb (mentok)

vga
(kurang tau)

trima Kasih Pak rus...

Rusmanto said...

Saya dulu pakai distro lama, seperti redhat 5.x. Tapi sekarang belum tahu distro baru apa utk ram 16MB. Kalau 64MB bisa coba damn small linux atau puppy linux.

retnet said...

salam kenal pak Rus....
mohon pencerahannya nich pak, warnet saya menggunakan Linux Distro Ubuntu 9.04, gimana caranya untuk mengurangi proses CPU yang berlebihan.
trima kasih.

Rusmanto said...

@retnet: Matikan semua program yang tidak perlu. 1. System - Preferences _ Startup Application, hilangkan semua centang, kecuali bila diperlukan, misal network manager. 2. System - Administration - Services, kosongkan semua kecuali yang dibutuhkan (kalau ada).

Anonymous said...

assalamualikum pak,,
salam kenal juga...
ni pak saya mw bertanya,,
bagaimana cara mengembangkan distro baru dari distro linux android,,gampangannya membuat OS baru untuk smartphone dengan asal OS Android.
trimakasih pak atas semua bantuannya...