Wednesday, March 11, 2009

Tip Mempercepat (bisa) ke Linux

Saya tidak biasa menulis blog di siang hari, kecuali hari ini (11/3/2009, 15:11 WIB), karena ada pertanyaan teman di facebook tentang cara cepat bisa Linux. Jawab saya sekalian saya jadikan blog/note.
Petunjuk penggunaan tip: Silakan coba pilihan ganda ini, boleh urut dari nomor 1 atau pilih mana yang paling cocok dengan sikon Anda. Saya yakin Anda bisa! :-)
1. Beli CD/DVD Linux Live-CD lalu coba dan belajar langsung di komputer. Biaya antara Rp 5.000 s.d. 15.000.
2. Beli buku/majalah yang ada CD/DVD-nya, lalu baca dan coba. Biaya sekitar Rp 50.000 s.d. 150.000.
3. Ikut kursus singkat Linux Dasar atau Fundamental dg biaya sekitar Rp 500.000 s.d. 1,5 juta.
4. Ikut kursus intensif Linux, waktu bejalar beberapa minggu s.d. bulanan, biaya Rp 5 juta s.d. 15 juta.
5. ... Silakan tambahkan (beri komentar) untuk membantu teman yang ingin cepat bisa menggunakan Linux.

8 comments:

Alwan Rosyidi said...

simpel saja,
baca dan coba...
dan sebenarnya ada yang sangat simpel dalam hal ini, ada sebuah majalah linux terkemuka di Indonesia (ehem) yang setiap bulannya memberi bonus DVD linux beserta tip&triknya :D

Unknown said...

itu tergantung dari pribadi masing2..
tapi bagi yang suka utak-atik komputer, baca-praktek adalah yang paling simpel dan murah..
ada google dan toko buku pastinya..
selain itu, ada juga majalah khusus linux, yang selain memberi tutorial dan tip-trik, juga selalu memberi bonus DVD linux yang sangat berguna..

abanggeh said...

Cuma nambahin.
Siapin kudapan dan cofee, kalau sambil ngoprek ! kekekeke....

Anonymous said...

tergantung selera aja, kalo cara favorit saya ya tinggal pasang vmware (ini kalau OS saya non Mac OS X, karena kalo Mac OS X ya tinggal pakai Parallel Desktop) lalu di vmware itu silakan deh bereksperimen dengan berbagai macam linux, banyak banget tu linux live version yang gak perlu diinstal uda bisa tinggal dipake, tinggal klak klik doang. asal ada internet lancar sih, kalo internet suram, ya pake buku, DVD Live biasa itu.

Anonymous said...

saya pemula dan gaptek belajar nggak bisa cepat.
menurut saya cara cepat belajar linux
1. akses internet harus lancar biar bisa nanya mbah google, dan nyedot
2. ngoprek aplikasi linux yang biasanya dioprek menaiki wedus. dulu saya nggak bisa soto sop dan sekarang lupa. karena soto sop mirip gimp saya lagi belajar gimp meskipun nggak pinter-pinter.
3. sediakan rokok biar nggak ngantuk.
Terima kasih.
salam hangat dari Purwokerto

Black_Claw said...

RTFM saja. Nol rupiah. :D

NANO said...

1. Punya komputer sendiri yang diinstal linux.
2. Gunakan Linux untuk bekerja, bermain, beribadah , kalau perlu bawa tidur
3. Kalau masih bujangan, ajak pacar untuk menggunakan linux dikomputernya...

handry said...

diDownload, dibaca, dipraktekin ....... :D