Friday, June 16, 2006

Mohon koreksi, apa itu Linux?

Dalam melakukan komporisasi (tepatnya advokasi) seputar pemakaian Linux dan free software, saya sering menggunakan istilah-istilah atau pernyataan berikut ini:

1. Kata Linux memiliki banyak makna, antara lain:

a. Linux adalah nama Kernel yang dibuat pertama kali oleh Linus Torvalds, kemudian dikembangkan oleh banyak orang dari seluruh dunia.

b. Linux adalah kernel dan banyak software lain yang membentuk sistem operasi.

c. Linux merupakan pemendekan GNU/Linux, meskipun ada yang tidak setuju, dengan alasan tidak semua software yang melengkapi kernel Linux berasal dari projek GNU.

d. Secara awam, Linux adalah sistem operasi komputer yang dilengkapi berbagai aplikasi berbasis teks dan grafis.

e. Linux adalah ikon gerakan free/open source software (FOSS). (Saya sebut gerakan, dg penjelasan di no. 2-3-4, dan saya pribadi lebih memilih istilah free dibanding open source).

2. GNU/Linux adalah free software, yang otomatis juga open source.

3. Lisensi GNU/Linux adalah GPL/LGPL, yg artinya siapapun dapat menggunakan, mempelajari, mengembangkan, dan menyebarluaskan.

4. Mengacu 1-2-3, berarti Linux bukan perusahaan, hanya nama sistem operasi yang dapat dimiliki siapa saja. Beda dg Windows (milik perusahaan Microsoft), Macintosh (milik perusahaan Apple), AIX (milik IBM), dll.

5. Karena 1-2-3, ada banyak jenis (distribution atau distro) Linux, yaitu sistem operasi Linux yang dilengkapi berbagai program, tool, dan aplikasi.

6. Tidak semua distro Linux adalah free software, karena ada paket di dalam distro tertentu yang bukan termasuk free software, meskipun bebas digunakan dan digandakan.

7. Tidak semua distro Linux bebas digunakan dan digandakan, karena ada sebagian proprietary software di dalamnya.

Mohon koreksi/saran/penjelasan terhadap 7 (11 item) di atas. Masih banyak lagi yang ingin saya mintakan koreksi/penjelasan, tapi ini dulu agar tidak memberatkan teman-teman.

Jika teman-teman malu atau sungkan menjawab via milis/blog, boleh japri ke email saya, rus at infolinux.co.id.

3 comments:

ario said...

Linux... ya linux

Anonymous said...

Saya sendiri sedang dalam proses membangun usaha kecil-kecilan saya yang fokus pada implementasi Linux di Bogor. Keterangan di www.azoebs.com

Anonymous said...

saya baru tertarik dng dunia linux terus terang setelah ada sweeping .... dan saya telah dengan terpaksa sekali harus meninggalkan kejahatan yg telah kita lakukan bersama - sama yg juga dilakukan oleh kurang lebih 90 % masyarakat indonesia dengan menggunakan software ilegal, pdhal sy berkecimpung didunia hukum, rencana sy di moment yg bagus ini bisakah pak rus membantu sy untuk memperkenalkan kpd masyarkat kita dengan mengadakan semacam trainee pengenalan linux terutama sekali didunia pendidikan krn sejak lama kita dididik untuk mencuri dngn mnggunakan software ilgal....mohon kirim saran ke aljazirah5050@yahoo.com salam eden