Friday, January 21, 2011

Menjemput Rezeki Terkait Desain Grafis

Menjemput Rezeki Terkait Desain Grafis ...

Jumlah pelaku bisnis di bidang desain grafis seperti penerbitan dan periklanan (cetak dan elektronik) sangat besar di Indonesia. Saya belum menemukan data lengkap, tapi saya memperkirakan jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu. Usaha ini menyerap tenaga kerja ratusan ribu hingga jutaan orang. Anda bisa lihat buktinya di pinggir-pinggir jalan, media cetak dan elektronik, hingga pakaian dan peralatan yang Anda gunakan beraktivitas saat ini.

Semua usaha itu membutuhkan program untuk menggambar, mengedit foto, dan atau menata tampilan (layouting). Semuanya pasti ingin untung. Dan semuanya pasti ingin bahagia di seluruh waktu kehidupannya, mulai di dunia sekarang, di alam barzah nanti, dan di akhirat yang akan datang. Tidak ada yang ingin menderita seperti Gayus (maaf Pak Gayus, semoga Anda telah tobat hari ini), meskipun suka gayus (garang asem yang untuk sarapan). :-)

Ukuran bisnis terkait desain grafis ini mulai dari usaha rumah tangga dan kaki lima (usaha mikro), usaha kecil, usaha menengah, koperasi, hingga konglomerat media cetak dan elektronik. Bentuk produk (jasa/barang) juga sangat beragam, antara lain iklan, stempel, logo, spanduk, poster, baliho, brosur, poster, buku, bulletin, majalah, tabloid, hingga koran harian beroplah jutaan eksemplar. Bahkan mungkin tidak Anda duga, usaha tekstil dan fashion (batik, kaos, topi, dll.), aksesoris, dan sebagainya itu juga butuh program desain grafis.

Para pengembang dan penggiat Open Source telah mengenalkan beberapa program untuk ini sejak lebih sepuluh tahun yang lalu. Para pelajar, mahasiswa, karyawan, dan pengusaha terlihat sangat semangat dengan berbagai caranya mengenalkan program Open Source terkait grafis yang diharapkan bisa untuk menjemput rezeki yang halal, baik, dan berkah. Salah satunya seperti pesan-pesan yang akan lewat di bawah ini ... :-)
  • Judul: Workshop Sehari Desain Grafis dan DTP Berbasis Open Source
  • Tempat: LP3T-NF Rawamangun, Jl. Paus Raya 92F (samping kanan terminal bis) Jakarta Timur.
  • Waktu: Kamis 27 Januari 2011, pukul 09.00 - 16.30 WIB.
  • Materi: Pengantar gambar digital, menggambar dengan Inkscape, mengedit foto atau gambar bitmap dengan Gimp, dan menata tampilan dengan Scribus.
  • Instruktur: Penulis buku Desain Grafis InfoLINUX dan pengajar komputer di sebuah lembaga pendidikan.
  • Penyelenggara: Majalah InfoLINUX bekerja sama dengan PinPoint Event Organizer.
    Jika Anda atau teman, anak, adik, kakak, om, tante, ibu, bapak, bahkan nenek dan kakek Anda ingin bekerja dan berusaha terkait desain grafis secara halal, baik, dan berkah, maka kesempatan ini sangat sayang ditinggalkan. Info selengkapnya silakan email ke pinpoint.event@gmail.com.

    4 comments:

    Anonymous said...

    berapa biaya mengikuti workshop tersebut ?

    Rusmanto said...

    Ini saya copy-paste dari email yang saya terima:

    Investasi : Rp. 750.000 per peserta
    Fasilitas :
    - Satu peserta menggunakan satu PC
    - Modul
    - CD Software
    - Majalah InfoLINUX
    - Sertifikat
    - Coffe break + Makan Siang

    hesti said...

    kalau beli buku desain grafis karya penulis tersebut, di mana ya pak ?. Ada toko onlinenya /bisa pesan online ?. Terima kasih sebelumnya.

    Rusmanto said...

    Buku Desain Grafis dan Desktop Publishing dengan Inkscape, Gimp, Writer, dan Scribus sedang proses dicetak. Pemesanan bisa melalui email pesan @ primabuku.co.id atau sirkulasi @ infolinux.co.id.