Wednesday, December 29, 2010

Jika hari gini tidak ada FOSS, Apa Jadinya?

Jika hari gini tidak ada FOSS, Apa Jadinya?
Sebagai renungan akhir tahun 2010, mensyukuri nikmat, dan menyambut 2011.
  • Biaya jasa TIK seperti akses internet menjadi sangat mahal, karena dengan kondisi saat ini semua bisnis terkait internet sudah menggunakan FOSS, biaya akses internet masih mahal bagi sebagian besar rakyat Indonesia. Juga jasa TIK lainnya.
  • Akses ke Facebook, Twitter, Google dan lain-lain menjadi berbayar mahal, sehingga kita semua akan putus hubungan dengan semua teman baik kita di internet, karena semua aplikasi internet itu dibangun dengan produk-produk berbasis FOSS yang tidak perlu biaya izin untuk menggunakannya seperti Linux, Apache, PHP, Java, Python, MySQL, dll.
  • Harga barang TIK (komputer, hp, router, access point, dan alat TIK lainnya) menjadi sangat mahal, sehingga tidak terjangkau oleh pemerintah, perusahaan, pendidikan, apalagi masyarakat umum seperti saya dan Anda, karena biaya izin sistem operasi dan office saja lebih dari dua juta rupiah per satuan barang, belum program-program lainnya. Secara negara harus keluar devisa ratusan trilyun rupiah untuk menjalankan semua komputernya secara legal dan halal.
  • Akhirnya TIK menjadi tidak terjangkau oleh kita, dan kita kembali ke masa sebelum 1990. Kasihan bagi Anda yang lahir di era internet, karena tidak dapat membayangkan apa kata dunia tanpa internet...hehehe.
Semoga ini menyadarkan kita, bahwa Linux dan FOSS lainnya telah membuat hidup kita lebih indah dan bermanfaat dunia-akhirat. Mari kita bersyukur, terima kasih kepada Tuhan, yang telah membuat Linux dan FOSS terus berkembang. Dan kita mohon kepada Tuhan agar hidup kita di 2011 lebih bermanfaat bagi orang lain, salah satunya dengan berbagi Linux/FOSS.

1 comment:

trisaptoadji said...

1. Yang Jelas Bill Gates tambah kaya
2. Nggak ada majalah InfoLinux :) oops ...
3. Semakin bertambah dosa orang2 Indonesia, krn g mampu beli software legal, akhirnya pake yg bajakan ....
4. Aku setuju apa ada warnet murah .... ? HP murah? komputer/laptop murah?

So, I wanna say thanx to all the Geeks ...
I wanna thanx them for have made me feel free to run my machines ...
Thanx Mr. Stallman, Mr. Torvalds, Sun MicroSystem, Pak Rus & The InfoLinux team ...
Semoga bendera FOSS tetap berkibar ...